Perbedaan Novel dan Webtoon Suddenly I Became A Princess

Perbedaan Novel dan Webtoon Suddenly I Became A Princess

Jadi, muncul pertanyaan nih dari KPop Mates, apa perbedaan novel dan webtoon Suddenly I Became A Princess? Meskipun udah lama sih aku sadar ada sedikit perbedaan antara kedua versi, baru-baru ini aku ngeh kalau ini udah jauh banget sih bedanya dari yang aku tahu. Jadi aku disini berusaha rangkum apa perbedaan novel dan webtoon Suddenly I Became A Princess sebagai informasi bagi KPop Mates yang menggemari cerita ini.

Setidaknya ada 5 perbedaan novel dan webtoon Suddenly I Became A Princess yang paling utama, yaitu:

1. Antagonis utama bukan Anastasius

Ini adalah hal yang paling perbedaan novel dan webtoon Suddenly I Became A Princess. Di dalam novelnya, antagonis utamanya adalah Caraks, reinkarnasi dari Aeternitas Raja Obelia yang telah meninggal sejak 200 tahun yang lalu. (Supaya lebih mudah, selanjutnya aku akan manggil dia Aethernitas aja ya). Aethernitas ini adalah anak dari Raja Cailum, temannya Lucas di masa lalu. Jadi Cailum yang tahu kekuatannya Lucas sebagai penyihir menara meminta dia untuk mengajari Aeternitas sihir karena anaknya yang satu itu kurang handal dalam sihir. Namun, Lucas tidak mau mengajarkan Aeternitas dan selalu merendahkan kemampuannya Aethernitas. Padahal Aeternitas sangat mengagumi Lucas dan ingin diakui. Akhirnya dia marah dan mengutuk Lucas untuk tidur ratusan tahun sebelum akhirnya bangun saat Athi berusia 7 tahun.

Sementara itu di dalam webtoonnya, antagonis utama dalam cerita ini adalah Anastasius, si raja tirani fanatik sekaligus kakak Claude yang seharusnya sudah mati. Belum dijelasin kenapa si Anastasius masih bisa hidup sih, tapi kemungkinan ini hubungannya sama sihir hitam juga. Nah, Anastasius ini mengambil beberapa peranan Aeternitas dalam cerita. Contohnya masalah pita yang dikasih Zenith. Seharusnya pita itu dimantrai oleh Aeternitas, tapi disini jadinya Anastasius. Mungkin perubahaan ini merupakan ide dari Spoon, ilustratornya Suddenly I Became A Princess untuk menguatkan tema keluarga dalam cerita ini.

2. Ingatan Claude seharusnya kembali setelah Lucas datang.

Jadi sebenarnya season 1 dari webtoon ini cukup sama dengan novelnya, perbedaannya muncul setelah Anastasius datang dan makin terlihat di season 2. Claude memang lupa ingatan di novel, tapi itu cuma sebenar saja. Ketika Lucas kembali ke Obelia setelah mengambil ranting pohon dunia, Lucas langsung membantu Athi untuk mengembalikan ingatan Claude. Saat itu adalah hari ulang tahun Athi yang ke-15 jadi ini seperti hadiah ulang tahun buat Athi.

Sementara itu dalam webtoonnya, Lucas gagal mengembalikan ingatan Claude. Claude juga jadinya sekarat karena pengaruh sihir hitam dalam dirinya dan Zenith. Ini adalah sesuatu yang gak ada di novel karena Claude selalu sehat-sehat aja setelah amnesianya sembuh.

3. Zenith dan Claude gak pernah dekat, bahkan setelah Claude lupa ingatan.

Nah, ini sih yang paling bikin orang yang sudah baca novel bingung menebak ceritanya haha …. Karena ini asli jauuuuh banget. Di dalam novel tuh Claude sama sekali gak kontak dengan Zenith selain waktu mereka ketemu di debutante. Kalau ingatanku gak salah, adegan mereka ketemu di taman episode 40 itupun gak ada di novel dan adanya di time skip 3 tahun setelah Claude sembuh dari amnesianya. Zenith dan Athanasia umurnya sudah 17 nyaris 18 tahun ketika Zenith mulai berusaha mendekati Claude dan mengaku kalau dia anaknya Claude.

Di novel, saat Claude amnesia, Claude mulai khawatir dengan Athi yang tidak ketahuan rimbanya di mana. Saat dia melihat Athi kabur dari istana untuk kedua kalinya setelah dia mengunjungi Claude malam-malam, Claude makin putus asa untuk mencari Athi dan memutuskan untuk memasang jebakan. Dia berpura-pura pergi ke luar agar Athi bisa masuk ke dalam istana. Saat Athi terkurung dalam istana, Claude datang dan meminta Athi untuk gak pergi. Tapi karena Athi takut, dia memilih untuk tetap kabur. Ternyata Claude memasang perisai sihir dalam istana yang akan membuat Claude terluka setiap kali ada yang memakai sihir. Takut Claude sakit, Athi memutuskan untuk tetap tinggal di istana. Di sinilah Claude akhirnya bilang kalau dia akan tetap berusaha menyayangi Athi meskipun ingatannya gak kembali. Ini kejadian yang manis banget sih, Papa Claude beneran berusaha membuat Athi senyaman mungkin di sampingnya meskipun dia gak inget masa lalu mereka.

4. Athi bukanlah Athanasia

Okay, sebelum aku mulai ngobrolin tentang masalah ini, aku mau menegaskan aja kalau Athi yang kumaksud disini adalah Athanasia versi reinkarnasi cewek Korea sementara Athanasia yang kumaksud disini adalah Athanasia versi asli buku Lovely Princess. Jangan bingung ya?

Kalau kamu udah baca webtoonnya sampai episode yang paling baru, kamu pasti tahu soal teori bahwa dimana Athi memiliki sihir pengendali waktu. Jadi baik Athi maupun Athanasia adalah satu orang yang sama. Athanasia yang meninggal hidup kembali menjadi cewek Korea. Nah, cewek Korea ini bunuh diri dengan memakan obat tidur lalu reinkarnasi kembali menjadi Athi. Athi yang sekarang sebenarnya telah reinkarnasi dua kali dan melupakan kehidupan awalnya sebagai Athanasia. Jadi sejak awal Athi adalah Athanasia, tapi dianya aja gak sadar.

Reinkarnasi versi webtoon: Athanasia -> Cewek Korea -> Athi.

Sementara itu di dalam novelnya, Athi bukanlah Athanasia. Athi adalah reinkarnasi cewek Korea aja dan Obelia hanyalah dunia dalam buku bagi Athi. Korea dan Obelia berada pada dimensi yang berbeda dan Athi hanya menjalani kehidupan dua kali. Ini dibuktikan dengan side storynya novel Suddenly I Became A Princess dimana Athi dan Lucas berpergian lintas dimensi ke AU novel Lovely Princess. Di salah satu timeline, Athi bahkan ketemu Zenith dan Athanasia versi Lovely Princess yang persis sama di buku. Jadi novelnya ini bertema isekai, bukan reinkarnasi seperti versi webtoonnya.

Reinkarnasi versi novel: Cewek Korea -> Athi.

5. Claude tidak sekarat karena Zenith

Satu hal yang pengen aku lurusin sedikit soal sihir hitamnya Claude, sejak awal ini memang Claude yang masang sihir hitam untuk melupakan Diana. Jadi masalah sihir hitam yang ada di Claude itu bukan salah Zenith. Zenith ada ataupun nggak, Claude memang sudah memiliki kutukan karena menggunakan sihir hitam untuk memodifikasi ingatannya, di mana menurut Lucas ini adalah sihir yang sangat berbahaya karena membuat orang kehilangan emosinya. Lalu, seperti yang pernah dibicarakan saat Athi mengunjungi toko buku sihir, hilangnya memori Claude setelah menyelamatkan Athi di pesta teh itu merupakan konsekuensi kutukan sihir hitam dari Claude.

Nah, di dalam novelnya, ketika Claude bertemu dengan Athanasia yang asli, Claude bersikap super dingin sama Athanasia memang karena dia gak ingat Diana dan gak sadar sama sekali kalau dia punya anak. Jadi dia bukan pura-pura gak perduli sama Athanasia, dia emang beneran gak tahu. Sementara itu Claude bisa sayang sama Athi saat ini adalah karena Athi berhasil mematahkan sihir hitam Claude, tidak seperti Athanasia dalam Lovely Princess.

Seperti yang nanti akan disinggung sedikit sama flashback di season 2, sihir hitam itu akan terkikis sedikit demi sedikit saat Claude melihat Athi dalam keadaan bahaya. Sihirnya agak retak ketika dia melihat Athi nyebur di danau. Setelah itu Claude jadi sakit kepala dan mulai merasa ada sesuatu yang di lupakan. Kemudian sihir hitamnya patah sepenuhnya setelah dia melihat Athi muntah darah. Ingatannya terhadap Diana kembali dan Claude mulai bisa merasakan kasih sayang yang dia punya untuk anaknya, Athi.

Nah itu dia sih beberapa perbedaan novel dan webtoon Suddenly I Became A Princess. Sejauh ini itulah yang masih aku ingat setelah 1 tahun yang lalu baca novelnya. Waktu itu aku baca versi terjemahan bahasa Inggrisnya (sekarang udah gak ada btw, jadi jangan tanya dimana aku bacanya ya), jadi ada beberapa detail yang mungkin aku miss karena perbedaan pahasa dan mistranslation dari akunya, tapi itulah intinnya.

Sebuah diskusi dan spoiler mengenai kapal yang berlayar di akhir novel Suddenly I Became A Princess.

Tbh, aku ngomong gini dulu ya dari awal, aku mau ngebahas sesuatu yang ganjel banget buatku sejak baca novelnya. Hati-hati aja sebelumnya buat tim Lucas karena aku mau ngomongin sesuatu yang tidak menyenangkan tentang Lucas. Mungkin ini bakalan sedikit berbeda sama cerita webtoon kedepannya karena ceritanya agak berubah. Dan perlu diingat, ini adalah opiniku jadi mungkin gak bisa sepenuhnya menggambarkan cerita yang sesungguhnya. Kalau ada yang udah pernah baca novelnya juga, bolehlah sedikit diskusi disini 😀

Udh baca kan peringatannya? Oke, start!

Tentang Lucas

Mungkin sekilas Lucas kelihatan seperti penyelamatnya Athi, tapi sebenarnya dia juga pembawa nasib buruk buat Athi. Kalau kamu baca episode 17 disitu Lucas pengen makan Blackie kan ya? Nah, seperti yang Athi bilang, besar kemungkinannya kalau Athanasia versi novel kehilangan kemampuan sihirnya berkat Blackie yang dimakan Lucas. Padahal keberadaan Blackie ini merupakan salah satu kunci patahnya sihir hitam Claude yang membuat dia benci sama Athanasia.

Di side story ketika Athi dan Lucas lintas dimensi ke alternative universe (AU) Lovely Princess, Plutus mengonfirmasi fakta bahwa Lucas memang memakan Blackie dan membuat Athanasia gak punya sihir. Sialnya, Athanasia yang gak punya sihir ini nasibnya sama persis kayak Athanasia di novel Lovely Princess. Zenith hidup bersama Claude dengan bahagia sementara Athanasia depresi karena dibenci Claude hingga akhirnya dendam sama Claude.

Mungkin kamu bakalan mikir, andaikan Athanasia yang asli punya Blackie sekalipun, kemungkinan dia akan muntah darah lagi dan akhirnya malah mati karena gak ada Lucas yang nolong dia ngontrol sihir. Percuma aja kalau Athanasia berhasil mematahkan sihir hitamnya Claude kalau dia mati. Menurutku sih, nggak juga. Keberadaan Lucas di sini gak sebegitu membantunya.

Pertama, alasan mengapa penyihir di Obelia turun drastis berhubungan sama Lucas. Jadi Aeternitas ini adalah orang yang mau dijadikan murid sama Lucas atas permintaan Cailum, Raja Obelia jaman dulu. Namun, Lucas nolak dia karena kemampuannya sangat payah dan parasnya juga jelek (btw, sihir berhubungan juga ternyata sama paras wajah dan keawetan muda seseorang. Jadi kalau ada yang nanya kenapa Claude bisa tetep semuda dan seganteng itu meskipun anaknya udah gede, jawabannya adalah karena sihir Claude kuat). Nah, karena sakit hati sama sikapnya Lucas yang suka merendahkan dia, orang itu memakan semua sinsu alias mahluk sihir semacam Blackie di Obelia sampai nyaris punah supaya dia makin kuat dan diakui oleh Lucas. Dia juga yang membuat Lucas tertidur sampai beribu-ribu tahun sampai akhirnya ketemu Athi di masa depan. Inilah sebabnya penyihir di Obelia sedikit dan Claude sampai penyihir kerajaanpun sama sekali gak tahu apa yang harus dilakukan untuk menenangkan sihirnya Athi ketiga lagi ngamuk.

Kedua, Aeternitas dendam sama Lucas karena Lucas gak nyariin dia meskipun Lucas udah bangun kembali. Aeternitas berusaha membuat berbagai masalah di sekitar mereka supaya Lucas mau nyamperin dia dan mengakui kemampuan sihir Aeternitas di masa lalu dan Caraks di masa kini, tapi Lucas gak perduli sama sekali. Akhirnya Aeternitas berusaha untuk menyakiti orang disekitar Lucas untuk cari perhatian. Itu sebabnya dia memberikan sihir di pita yang nantinya dikasih Zenith ke Athi yang membuat sihir Athi kehilangan kendali dan nyaris mati hingga akhirnya menyebabkan Claude lupa ingatan.

Jadi ya, masalah di novel sebenarnya terjadi karena ada Lucas dan akhirnya diselesaikan juga oleh Lucas. Seandainya Lucas gak macem-macem nih sama Aeternitas, jumlah penyihir di Obelia akan tetap banyak dan penelitan soal mahluk sihir akan ada sehingga Athanasia yang kena serangan sihir akan tetap hidup. Claude juga gak bakalan kehilangan ingatan karena Aeternitas gak balas dendam. Sementara itu, karena Lucas makan Blackie, Athanasia bakalan gak punya sihir dan hidup dalam kesepian sampai dia digantung. Claude bakalan terus menerus sakit kepala efek patahnya sihir hitam setelah melihat Athanasia digantung dan perlahan-lahan akan mati karena dekat dengan Zenith yang punya sihir hitam. Lucas? Dia bakalan hidup tenang entah di mana tanpa tahu masalah apa yang dia hasilkan karena udah makan Blackie. Damn. ノಠ益ಠノ彡┻━┻

Dan juga, aku kurang sreg sih sama gaya Lucas ngejar Athi kedepannya. Ini bakalan jadi spoiler untuk endingnya sih, tapi ya, Lucas dan Athi memang akhirnya bersama. Dan meskipun Athi punya sihir yang kuat, Athi gak akan bisa hidup selama Lucas. Itu sebabnya Lucas memberikan ranting pohon dunia sama Claude dan Athi supaya mereka sehat dan bisa hidup lebih lama. Kedua, Lucas yang trauma sama si penyihir menara pertama yang punya rambut putih, sadar kalau Athi akan sedih kalau orang-orang disekitarnya mati duluan. Dia takut Athi akan ikut “bunuh diri” kalau orang-orang yang disayanginya mati. Akhirnya, dengan egoisnya lagi, Lucas memanjangkan umur semua orang di sekitar Athi dari mulai Claude, Felix, Lili, sampai kedua pelayannya, hanya agar Athi bisa hidup lebih lama di sisinya.

Okey, mungkin sebagian dari kalian akan nganggep ini romantis ya, tapi aku gak bisa sama sekali melihat ini sisi manisnya di sebelah mana. Memang gak dijelaskan sih bakalan sepanjang apa hidup Felix dkk berkat sihirnya Lucas, entah itu cuma seratusan tahun doang kayak manusia normal atau bakalan ratusan tahun seperti Claude, tapi dia melakukan ini tanpa perduli apakah mereka yang dipanjangkan hidupnya ini bakalan sedih ketika mereka hidup panjang tapi orang disekitarnya mati. Seperti yang mungkin kalian baca juga di season 2, Lucas sebenarnya sama sekali gak perduli sama Claude mau mati ataupun hidup, dia cuma mau Athi berada di sisinya, bagaimanapun caranya. So yeah, Lucas is very selfish. Lucas juga sadar kok kalau Athi bakalan marah sama dia kalau Athi tahu apa yang dia lakukan dengan Felix, tapi Lucas gak perduli. (╯°□°)╯︵ ┻━┻

Ada beberapa kejadian kecil lagi sih yang bikin aku gak suka sama Lucas karena dia sama sekali gak pernah minta pendapatnya Athi dan selalu gaspol ngejar Athi tanpa perduli konsekuensinya. Cuma ya itu, aku ngerti sih kenapa karakternya Lucas yang agresif bakalan lebih menarik untuk dijadikan male lead di cerita dibandingkan Izekiel.

Tentang Ijekiel

Ngomong-ngomong, aku sebenarnya lebih condong ke Izekiel. Sekali lagi, ini cuma ada di novel, tapiiiii kamu harus tahu! Kalau sebenarnya Izekiel adalah satu-satunya orang yang perduli sama Athi maupun Athanasia. Jadi di cerita tambahan akan ada kisah mengenai perjalanan waktu Lucas dan Athi di berbagai AU, disitu mereka ketemu sama salah beberapa versi Izekiel, Zenith, dan Athanasia. Dan di dunia lain, cuma Izekiel doang yang sayang sama Athanasia meskipun dia cuma putri buangan. Bahkan di beberapa timeline, Athanasia dan Izekiel adalah kapal yang berlayar fufufu~

Yah, meskipun emang backgroundnya Izekiel agak sedikit bermasalah sih karena dia anak Roger yang punya 1001 cara busuk untuk memperalat Zenith demi mendapatkan tahta di Obelia. Sedikit pembelaanku terhadap karakternya Izekiel adalah dia gak tahu kalau Zenith bukan anaknya Claude. Aku gak bisa bener-bener nyalahin Izekiel sih karena dalam pikiran dia, dia cuma mau ngebantuin Zenith ketemu dengan keluarga aslinya. Mungkin banyak orang yang bakalan gak setuju sih sama pendapatku ini karena aku pernah baca juga sebenarnya ada yang bilang Izekiel gak tahu malu karena dia berani jatuh cinta sama Athi meskipun secara gak langsung keluarga Alphaeus sudah mendorong Athanasia jatuh dalam penderitaan. But well, dia gak pernah benar-benar mau mencelakai Athanasia ataupun Athi secara langsung. Bahkan, dia cukup rasional dan penyayang. Dia akhirnya berani melawan Roger ketika Athi diusir Claude dari pesta di epsode 57 dan berani maju ngelawan ayahnya untuk menolong Athanasia memimpin Obelia ketika Claude koma di AU Lovely Princess. Jadi aku maafkan saja hehehe ….

Sedikit catatan terhadap karakter second male lead kita yang satu ini, sebenarnya Izekiel juga agak dark ya. Dia sempat bilang sama Athi kalau dia mau ngurung Athi di sangkar supaya Athi gak pergi dari pandangan dia karena Athi selalu menghindari Izekiel. Eum… lagi-lagi ini bukan tipe rayuan yang bisa bikin aku bunga-bunga sih, tapi aku tahu ada yang suka beginian. Yang lucunya adalah setelah Izekiel pergi, Lucas datang dan (ternyata dia juga semacam stalker yang suka mata-matain Athi) bilang ke Athi kalau Lucas gak perlu ngurung Athi dalam sangkar seperti Izekhiel karena seluruh dunia ada dalam gengaman dia. LOL. Emang sih, buktinya dia bisa nyari Athi lintas dimensi, kalau cuma beda tempat doang masa gak bisa?

Oh ya, bagi pecinta Izekiel, kalau jangan terlalu sedih kalau kapal kalian gak jalan nantinya. Sebenarnya Izekiel gak bertepuk sebelah tangan. Dalam novelnya, Athi saat usianya 16 atau 17 tahun akan mengakui kalau sebenarnya Izekiel adalah cinta pertamanya dan nyaris menerima pernyataan cinta Izekiel kalau Lucas gak dateng. Namun, Athi gak berani mengakui perasaannya karena dia berpikir kalau Izekiel adalah milik Zenith seperti dalam novel Lovely Princess dan memilih untuk menolak pengakuan cinta Izekiel. Sedih juga sih, tapi yah ini berarti sweet moment mereka berdua sebenarnya real meskipun gak berlanjut.

Jadi ya …

Balik lagi ke topik tadi, Lucas adalah jimat baik dan buruknya Athi. Di satu sisi dia ngebantu Athi, di sisi lain secara nggak langsung dia adalah penyebab masalah dalam hidup Athi. Untuk versi webtoonnya tokoh antagonisnya diganti dengan Anastasius jadi mungkin kalian gak bakalan merasakan kekesalan yang kurasakan saat baca novelnya. Istilahnya untuk versi webtoonnya, ada ataupun gak ada Lucas, Athi, dan Claude akan tetap hidup dalam bahaya karena musuhnya itu bencinya sama Claude. Dan disini jelas kalau Lucas memang penyelamat Athi. Kecuali saat mereka pertama kali bertemu di mana Lucas memang mencoba membunuh Athi dengan gelembung, Lucas selalu membantu Athi.

Anyway, aku sebenarnya lebih suka Anastasius yang jadi orang jahatnya dibandingkan Aeternitas karena nanti masalah dalam versi novel bakalan selesai dengan cara yang menurutku kekanakan banget sih. Agar Aeternitas melepas penguat sihir hitam yang dia pasang pada Zenith (yang ngebuat ledakan sihir besar di depan Claude, Zenith nyaris dibunuh Claude, dan banyak orang terluka karena ini) dan membantu meredakan ledakan sihir Zenith, Lucas berjanji bakalan mencari Aeternitas duluan di kehidupan berikutnya. Selesai.

What?

Serius gini doang?

Iya, gitu doang. Kelar deh masalahnya.

Gak ada yang perduli udah separah apa kerusakan yang dibuat Aeternitas di kehidupan Athi, Claude, dan Zenith, masalah mereka berdua selesai cuma karena Lucas akhirnya mau nyamperin Aeternitas duluan. Cuma. Perkara. Lucas. Mengakui. Aeternitas. Doang. Athi, Claude, dan Zenith bahkan gak salah apa-apa, tapi mereka bertiga malah terlibat masalah Lucas yang alasannya beneran kekanakan. Gue kesel banget asli gak boong saat baca bagian ini. Kayak gimana ya, cerita yang bagus tapi jadinya drop shy karena satu part yang nggak oke. Itu sebabnya aku gak terlalu suka Lucas meskipun diantara semua desain karakter di SIBP Lucas adalah karakter yang paling tampan setelah Claude menurutku.

Yah, meskipun aku gak suka banget bagian penyelesaian masalah yang terlalu kekanankan ya menurutku, aku suka sama novelnya. Bahkan untuk side storynya pun gak kayak side story karena masih punya benang merah yang kuat sama cerita utamanya. Plutus seperti memuaskan keinginan para pembaca di side storynya. Tim Izekiel seperti dihibur sama Plutus karena meskipun di cerita utama kapalnya karam, Izekiel dan Athanasia berlayar di AU lainnya. Ada juga cerita tentang masa lalunya Lucas dan penyihir menara berambut putih itu, ini sedih banget sih emang. Dikasih tahu juga kalau Athi dan Lucas bakalan punya satu anak perempuan berambut hitam dan Athi bakalan jadi Ratu Obelia. Yang paling aku suka dari side storynya adalah cerita masa kecil Athi dari sudut pandang Claude. Ini gemes banget sih pas bacanya. Papa Claude versi bebas dari sihir hitam is the best papa of webtoon world!

Btw, yang aku baca waktu itu versi web novel translationnya dan itu sekitar 1 tahun yang lalu. (sekali lagi, jangan nanya linknya dimana karena sudah dihapus.) Sempet baca juga di NU katanya ada versi buku cetaknya dan ceritanya agak jauh sama cerita yang dulu aku baca. Katanya ada tambahan side story lagi dimana Felix dan Lili jadi kapal berlayar dan Lili ternyata hamil anak Felix (I see what you did there Felix  ( ͡° ͜ʖ ͡°)) Tapi karena seorang pelayan kerajaan harusnya mengabdikan seluruh hidupnya untuk kerajaan, anaknya Lili dan Felix dihukum menjadi abdi kerajaan. Aku gak baca bagian ini sih, tapi aku cukup senang karena kapal mereka berlayar karena di web novelnya Felix dan Lili jomblo sampai cerita utamanya selesai. Ngomong-ngomong, Felix ternyata lebih tua 3 tahun dari Claude. Di akhir buku 5 Suddenly I Became A Princess dikatakan kalau Claude nyaris 40 tahun saat Athi sudah 18 tahun. Ini berarti Felix jomblo sampai usia 40-an. Sedih juga ya ._.

Nah, itu dia perbedaan novel dan webtoon Suddenly I Became A Princess plus sedikit curhatan aku tentang cerita novelnya hehehe …. Kayak yang aku bilang sebelumnya, sebenarnya ini adalah pendapatkua. Jadi tolong jangan sampai ada war ya di sini antara tim Lucas dan Izekiel. Mereka berda sama-sama punya kekurangannya masing-masing. Yang sempurna emang cuma Papa Claude doang wkwkwk….

Perkiraan jalan cerita Suddenly I Became A Princess versi webtoon

Aku juga masih menunggu jalan cerita webtoonnya mau di bawa kemana. Kelihatannya sih Anastasius bakalan jatuh sayang juga sama Zenith. Agak lucu sih sebenarnya kalau ini sampai kejadian karena Anastasius sendiri yang “menciptakan” Zenith dengan Penelope dengan sihir hitam demi membunuh Claude, tapi dia malah jadi ingin “ayahnya” Zenith. Agak tragis ya?

Aku gak yakin sih Anastasius bakalan bisa menebus kesalahnya di masa lalu dan hidup bahagia bersama Zenith sebagai ayah dan anak. Namun, aku harap semoga aja Zenith bisa bahagia, kasian juga dia dihina-hina mulu sama pembaca. Maksudku Zenith mungkin menyebalkan sih karena dia mengharapkan sesuatu yang bukan miliknya, tapi Zenith sendiri adalah korban dari kekerasan emosional dan dia gak tahu kalau Claude dan Athi bukan keluarganya. Justru disini aku malah tambah kesel sama Roger. Dia sudah tahu kok kalau Zenith bukan anaknya Claude, tapi tetap mau memanfaatkan Zenith untuk mendekati Claude yang amnesia. Dia gak kasian apa liat Zenith yang terus menderita, kesepian, dan ingin memiliki keluarga bakalan hancur nantinya kalau Claude ngasih tahu Zenith bukan anaknya? Zenith bisa dibunuh loh sama Claude dan Roger sama sekali gak perduli. Tega banget (╥_╥)

Btw, ini jadinya panjang banget, aku gak nyangka haha …. Memang novel dan webtoonnya Suddenly I Became A Princess bagus sih jadinya ini membangkitkan berbagai emosiku. Udah setahun tapi masih inget aja.

Yaudah, itu dulu dariku. Selalu dukung Plutus dan Spoon ya di karya mereka. Semoga aja setelah Suddenly I Became A Princess, Beware of Brothers atau 그 오빠들을 조심해! karya Plutus yang satu lagi dapat diterjemahkan ke bahasa Indonesia secara resmi. Bubye!

Baca juga: Review Suddenly I Became A Princess

Baca webtoon lain yang sudah direview Nona KPop disini!

Ikuti kabar terbaru tentang dunia hiburan Korea Selatan di KpopMates.com

Mungkin Anda juga menyukai

15 Respon

  1. Cia berkata:

    Keren bgt!! Thx

  2. Anggun berkata:

    Makasih udah buat postingan ini, aku pembaca yang dukung izekiel terhibur, meskipun ini terhitung spoiler.. aku pernah dpt spoiler di IG kalo endingnya athi sama lucas , sempet sedih. Tp setelah baca ini dan seperti yg kamu jelaskan di versi novel sebenarnya athi juga suka sama izekiel itu menghibur hatiku bgt. Thx a lot

  3. karma berkata:

    Kalau gw sih lebih berharap nantinya di season 3 author nya lebih nyeritain detail ttg kisahnya claude dan diana ♡♡♡♡

  4. karma berkata:

    Kalau gw sih lebih berharap nantinya di season 3 author nya lebih nyeritain detail ttg kisahnya claude dan diana ♡♡♡♡

  5. Hae berkata:

    Peringkas deui tpi bermanfaat sieh gud-

  6. Pokemon berkata:

    Penasaran sama masa kecil athy dalam pandangan papa Claude

    • Miss K-Pop berkata:

      Lucu banget part itu. Claude sadar kalau Athy anak-nya agak licik hehehehe….

      Jadi ada satu part di mana Athy sakit gigi dan dilarang makan cokelat dan kue. Lilian bener-bener gak mau ngasih manisan sama dia. Akhirnya demi bisa makan yang manis, Athy pergi ke Claude buat diajak minum teh dan dikasih jamuan kan. Cuma lama-lama kan Claude dimarahin sama Lili dan diminta supaya gak ngasih kue sama Athy. Akhirnya Claude mutusin gak ngasih kue. Eh, abis itu Athy gak datang lagi kan ke tempat Claude. Claude bingung, kok Athy gak datang lagi? Terus dia ngeh kalau si Athy lagi memperalat dia supaya bisa makan manis dan gak mau dateng lagi begitu gak di kasih. Si Claude jadi setengah gemes setengah mengumpat gitu. Dan akhirnya dia tetep kasih Athy makanan manis biar dia terus dateng hahaha….

  7. Nita berkata:

    Kak baca novelnya dimana yaaa mau dong:( soalnya aku caricari tp kebanyakan fanfic semuaaa

  8. Diluy berkata:

    Btw aku tanya, eh lebih konfirmasi sih jadi si zenith tuh aslinya anaknya anstasius atau si anastasius njebak claude sama penelope pake sihir hitan trus tercipta zenith? Atau gimana

    • Miss K-Pop berkata:

      Sebenarnya gak dijelaskan apakah Zenith itu beneran anak Anastasius yang lahir dari hubungan seksual sama Penelope lalu diberi sihir hitam atau mereka gak pernah ngapa-ngapain, tapi Zenith lahir karena Penelope “dibuahi” dari sihir hitam. Namun, yang jelas, Zenith 100% bukan anak Claude. Emm … penjelasannya agak aneh ya? Pokoknya gitu deh hehehe ….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *