Grup K-Pop yang Kontraknya Habis di Tahun 2021

Grup K-Pop yang kontraknya habis di tahun 2021

Grup K-Pop yang kontraknya habis di tahun 2021

Apakah KPopMates tahu tentang kutukan 7 tahun di dunia K-Pop? Pada umumnya kontrak antara idol dan agensinya berlangsung selama 7 tahun. Pada tahun ke-7 biasanya mereka akan memutuskan untuk menghentikan atau melanjutkan kontraknya. Itu sebabnya mengapa banyak grup K-Pop yang kehilangan anggota atau bahkan bubar setelah 7 tahun. Inilah yang disebut dengan kutukan 7 tahun di dunia K-Pop atau yang dikenal juga sebagai 7 years curse.

Tahun 2014 memang banyak sekali grup K-Pop yang debut, tapi tak sedikit juga yang sudah bubar. Kebanyakan grup yang bertahan mengarungi pasang surutnya dunia musik Korea ini memiliki popularitas yang tinggi ataupun berasal dari agensi yang besar. Meskipun saat ini grup kesayanganmu kelihatan solid di depan layar kaca, ini tidak berarti mereka aman dari kutukan 7 tahun.

Ini dia daftar grup K-Pop yang terancam kutukan 7 tahun di 2021!

GOT7

GOT7 yang beranggotakan JB, Mark, Jackson, Jinyoung, Youngjae, BamBam dan Yugyeom debut di bawah naungan JYP Entertainment pada 14 Januari 2014. Selama ini GOT7 termasuk dalam boy group yang jarang memiliki skandal dan cukup terkenal di luar negeri. Meskipun begitu, GOT7 sering kali dikatakan kurang terkenal di Korea Selatan dan mendapatkan promsi yang kurang baik dari agensi mereka.

Sayangnya, GOT7 sepertinya akan terkena kutukan 7 tahun ini. Sudah seminggu belakangan tercium kabar bahwa Jinyoung, BamBam, dan Mark akan keluar dari JYP. Hal ini tampaknya dikonfirmasi oleh Park Jin Young, CEO JYP, yang sudah unfollow ketiganya di instagram. Uniknya dia masih mengikuti Youngjae, Yugyeom, dan Jackson sementara akun instagram JB tidak pernah diikuti. Buntut dari masalah ‘ikut mengikuti’ ini itu Youngjae diketahui telah unfollow JYP dan menghapus video cover lagunya dan BamBam menghapus foto JYP dari instagram.

Kini dikabarkan bahwa Jinyoung GOT7 akan pindah ke BH Entertainment, sementara Yugyeom GOT7 akan pindah ke AOMG, agensi aktor besutan Park Jin Young. Kabar dari sisa member GOT7 masih belum jelas, tapi sepertinya GOT7 akan kehilangan setengah dari anggotanya di tahun 2021.

MAMAMOO

MAMAMOO adalah girl group asal Korea Selatan yang berada di bawah naungan Rainbow Bridge World dan menjadi salah satu andalan dari agensinya. Girl group yang terdiri dari Solar, Moonbyul, Wheein, dan Hwasa ini debut pada 19 Juni 2014.

Meskipun belum pernah mendapatkan penghargaan besar seperti MAMA, MAMAMOO dianggap sukses baik secara karir grup maupun solo. Sedikit berbeda dengan grup idol lainnya, MAMAMOO termasuk grup yang cukup sukses dalam promosi individual dari setiap anggotanya. Semua anggotanya memiliki album solo dan setiap comebacknya dinilai positif dari penggemar karena membagian lirik lagu dengan cukup merata.

Pada bulan November 2020 MAMAMOO mengeluarkan album terbarunya dengan title track AYA. Hingga saat ini belum ada kabar mengenai comeback baru ataupun perpindahan anggota ke agensi lain. Menurut KPopMates apakah MAMAMOO akan bertahan dari kutukan 7 tahun?

Red Velvet

Profil Anggota Red Velvet
Girl group kesayangan SM Entertainment ini juga kontraknya habis tahun 2021.

Red Velvet adalah salah satu girl group yang sudah lama debut tapi masih tetap menjadi grup papan atas di Korea Selatan. Girl group yang terdiri dari Irene, Wendy, Seulgi, Joy dan Yeri ini berada di bawah agensi SM Entertainment dan debut 1 Agustus 2014. Sedikit berbeda dengan yang lainnya, Yeri merupakan anggota tambahan yang baru bergabung 10 Maret 2015.

Tahun 2020 menjadi tahun yang buruk bagi Red Velvet akibat Wendy yang terluka hingga tak bisa ikut aktivitas grup selama setengah tahun lebih dan rumor buruk tentang Irene, Red Velvet masih sangat terkenal hingga saat ini. Bahkan Red Velvet dikabarkan akan segera mengadakan comeback pertama mereka di tahun ini.

Mengingat bahwa SM Entertaiment juga menjadi rumah bagi beberapa grup idola yang selamat dari kutukan 7 tahun seperti Kangta, TVXQ, Super Junior, SHINee, dan EXO, ada kemungkinan Red Velvet akan bertahan dari masalah ini. Meskipun begitu nyaris semua grup dari agensi yang pernah ditangani Lee Sooman ini setidaknya kehilangan satu anggotanya. Jadi penggemar dari Irene, Wendy, Seulgi, dan Joy mungkin harus sering-sering pantau berita sampai bulan Agustus nanti.

WINNER

WINNER adalah boy group asal YG Entertainment yang debut pada 17 Agustus 2014. WINNER merupakan hasil dari acara pencarian bakat WIN: Who Is Next yang juga menghasilkan iKON dari peserta yang tidak berhasil masuk ke dalam daftar debut pada tahun 2013. Pada awal debut, boy band yang awalnya terdiri dari 5 anggota ini dikenal sebagai rookie moster dengan pilihan lagu debutnya yang tidak biasa. Hanya saja Taehyun meninggalkan WINNER pada tahun 2016 dan meninggalkan anggota Yoon, Jinu, Hoony, dan Mino.

Pada tahun 2020 WINNER mempromosikan album Korea mereka Remember pada bulan April 2020 dan versi Jepangnya pada bulan Juli 2020. Saat ini WINNER lebih fokus pada aktivitas solo karena Hoony dan Jinu sedang menjalani wajib militer. Semoga WINNER cepat kembali dan menghibur INNERCIRCLE, ya!

LABOUM

LABOUM merupakan salah satu girl group yang diperkirakan akan terkena kutukan 7 tahun. Grup dari agensi NH Media dan Nega Network ini kini hanya memiliki 5 anggota, yaitu Soyeon, Yujeong, ZN, Haein dan Solbin. Debut pada 28 Agustus 2014, girl group ini hanya benar-benar sempat beraktivitas selama 5 tahun. Ini mungkin disebabkan oleh berpalingnya penggemar terhadap grup ini setelah salah satu anggotanya, Yulhee, keluar dari grup untuk menikah pada tahun 2018.

Setelah Yulhee keluar, LABOUM mulai meredup. Mereka terakhir kali comeback pada 19 September 2019 dengan lagu Firework lalu hiatus hingga saat ini. Walapun begitu, beberapa member LABOUM masih aktif di layar kaca dengan mengikuti variety show. Sedih memang, tapi sepertinya LABOUM memang akan bubar.

HOTSHOT

HOTSHOT merupakan boy group Korea Selatan yang debut di bawah naungan Star Crew Entertainment pada 29 Oktober 2014. Reputasi grup idola yang terdiri dari Junhyuk, Timoteo, Taehyun, Sungwoon, Yoonsan, dan Hojung ini naik dan turun sepanjang berjalannya waktu. Pada tahun nama HOTSHOT sempat naik saat dua anggotanya Sungwoon dan Taehyun mengikuti program survival Produce 101 Season 2 sementara Timoteo dan Hojung mengikuti program The Unit. Namun, mereka terakhir kali melakukan comeback pada November 2018 tanpa Sungwoon yang saat itu masuk WANNA ONE dan hiatus hingga saat ini.

Lovelyz

Lovelyz adalah girl group asal Korea Selatan yang berada di bawah naungan Woollim Entertaiment. Lovelyz terdiri dari 8 anggota, yaitu: Baby Soul, Jiae, Jisoo, Mijoo, Kei, Jin, Sujeong, dan Yein. Lovelyz debut pada tanggal 12 November 2014 dan paling terkenal dengan lagu mereka Achoo. Meskipun gaungnya tidak banyak terdengar di luar negeri, Lovelyz diketahui memiliki fanbase yang cukup loyal di Korea. Terutama setelah mereka mengikuti acara survival Queendom yang membantu mereka mendapatkan fans baru. Menurutmu apakah Lovelyz akan selamat?

Grup lainnya yang sudah lama tidak comeback ….

Selain 7 grup idola diatas, ada banyak grup K-Pop yang kontraknya habis tahun 2021 lainnya, seperti UNIQ, B.I.G, BIGFLO, SONAMOO, dan Berry Good. Hanya kebanyakan dari mereka sudah hiatus lebih dari 1 tahun dan tidak berada di bawah agensi besar. Bahkan, ada yang sudah tidak terdengar kabarnya dari tahun 2017. Meskipun bukan tidak mungkin, kemungkinan mereka untuk tetap bertahan melewati tahun ketujuh sepertinya tipis.

Nah, itu dia daftar grup K-Pop yang kontraknya habis tahun 2021. Mana grup idola kesukaanmu? Semoga bias kalian tetap utuh, ya!

Ikuti kabar terbaru tentang dunia hiburan Korea Selatan di KpopMates.com

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *