Yuk Baca Manhwa “Terjebak Peran Figuran”

Terjebak Peran Figuran

Terjebak Peran Figuran yang juga berjudul Miss Not-So Side Kick dalam versi bahasa Inggris merupakan mahwa asal Korea Selatan berjudul asli 구경 하는 들러리 양 웹툰 (gugyeong haneun deulleoli yang webtun). Mahwa ini merupakan karya dari penulis Ellinyang dan digambar oleh YumYum dan disebarkan oleh Daoncomics.

Terjebak Peran Figuran merupakan manhwa yang diadaptasi dari novel berjudul yang sama. Ini merupakan salah satu manhwa isekai lainnya yang telah diadopsi oleh Webcomic. Jadi kita gak perlu lagi susah-susah (dan mahal-mahal) baca dari situs komik bahasa Inggris semacam Tappytoon karena sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Saat ini versi Inggris dan versi Indonesia sedang kejar-kejaran, bedanya cuma 1 episode aja.

Note: Aku awalnya baca pakai Bahasa Inggris, mungkin ada beberapa hal yang kutulis disini yang berbeda istilah dengan versi Indonesianya. Mohon dipahami ya 🙂

Yuk kenalan dengan karakter-karakter dalam mahwa Terjebak Peran Figuran!
Latte Egretee (Latte Ectrie versi Bahasa Inggris) atau Kim Hye Jeong

Seandainya kamu terjebak dalam dunia novel, kamu ingin jadi siapa? Tentu saja pemeran utama! Nah, itu juga yang diharapkan oleh Latte Egretee. Sayangnya, dia hanyalah seorang pemeran figuran yang cuma jadi bumbu cerita si pemeran utama saja dan gak akan pernah merasakan kisah klise jadi rebutan cowok-cowok tampan. Dia cuma bisa menonton kisah cinta pemeran utama dari kejauhan.

Latte adalah tokoh utama dalam manhwa ini. Latte sebenarnya adalah Kim Hye Jeong, guru di SMA Korea yang masuk ke dalam novel kesukaannya Bunga Liar. Latte terjebak dalam dunia novel sekitar 10 tahun sebelum dia bertemu Evelyn di usia 18 tahun. Saat sadar dia cuma akan jadi pemeran figuran yang akan membantu tokoh antagonis merundung Evelyn, Latte memutuskan untuk memilih jalan lain agar dia bisa “naik kelas” jadi pemeran figuran yang sering tampil di buku novel dengan jadi teman Evelyn dan menonton kejadian yang ada di novel secara langsung. Dia bahkan sampai menciptakan pop corn agar bisa menonton kisah cinta segi empat kesukaannya dengan nyaman.

Yang unik dari Latte dibandingkan pemeran mahwa isekai lainnya adalah Latte seorang fujoshi tulen. Iya, dia suka sama cerita BL. Suka, pake banget. Bahkan sangking sukanya pada cerita BL, Latte menjadi penulis bimor (istilah BL di dunia Latte sekarang) paling terkenal seantero kerajaan tempat dia tinggal dengan nama pena Rose. Keberhasilan dia jadi penulis ini membuat Latte kaya raya dan bisa membeli kartu sihir. Kartu sihir ini adalah kertas bermantra berharga mahal yang kalau dirobek bisa membuat penggunanya berteleportasi, memiliki pelindung ataupun menciptakan angin ribut. Kartu sihir inilah yang nantinya akan membuat Latte tampak menarik di mata dua “ikan” Evelyn.

Evelyn Doth (Ibelin Dott versi Bahasa Inggris)

Evelyn adalah seorang gadis bangsawan cantik yang bisa dibilang diberkahi dengan kecantikan dan kepintaran. Evelyn adalah pendatang baru di tempat Latte tinggal karena ia merupakan murid asing. Berkat sifat uniknya, Evelyn berhasil “memancing” tiga lelaki paling hebat di seantero kerajaan untuk mengejarnya. Pertama, sang putra mahkota. Kedua, seorang duke termuda sepanjang sejarah kerajaan. Terakhir, seorang master menara sihir yang super kuat. Namun seperti tokoh utama kebanyakan, Evelyn adalah orang yang polos sampai tidak menyadari betapa berbahayanya pesona yang ia miliki. Jangankan ketiga “ikan”, Latte sendiripun sempat terpesona dengan kecantikan dan kerendah hatian Evelyn. Evelyn juga tampak perduli dengan Latte dan mau menjadikan Latte sebagai teman baiknya.

Tapi benarkan Evelyn adalah tokoh utama wanita super sempurna seperti yang ada di novel? Hmm… Kita lihat aja nanti!

Rondemio De Halilon (Rondemio De Helone dalam versi Bahasa Inggris)

Rondemio adalah putera mahkota kerajaan tempat tinggal Latte. Bermata biru, berambut pirang platina dan memiliki dagu V-shape, bisa dibilang Rondemio adalah pangeran ideal ala Korea Selatan. Rumornya kalau wanita melihat Rondemio sekali saja, mereka akan melihat pria lain sebagai monster buruk rupa sangking tampannya si Rondemio ini. Sayangnya, Rondemia sedikit narsis dan kelihatan arogan. Well, sebagai pangeran yang punya status dan ketampanannya sih ini masuk akal ya. Itu sebabnya dia merasa sangat terganggu ketika melihat Evelyn gak tertarik sama sekali saat dia datang dan langsung mengejar Evelyn karena merasa hanya Evelyn saja yang bisa membuatnya merasa terabaikan seperti itu. (Plot klise dimana sang cowo mendekat cewek karena diabaikan untuk pertama kalinya haha…)

Sejauh ini Rondemio merupakan “ikan” yang paling jarang untuk ditemui. Kelihatannya juga dia gak bakalan terpesona sama Latte sama sekali dan akan terus mendekat Evelyn. Dan honestly, aku paling gak suka sama dia :”

Kenneth De Svonde (Kenneth Von Esbande dalam versi Bahasa Inggris)

Kenneth adalah duke paling muda sepanjang sejarang. Dia dijuluki sebagai “Black Reaper of The Battlefield” (mungkin nanti dalam versi bahasa Indonesia bakalan jadi “Malaikat Maut Hitam di Medan Perang” kali ya) Kenneth adalah tipikal cowok dingin yang benci sama cewek. Karena selalu dikejar-kejar sama perempuan, Kenneth jadi anti sama seluruh wanita dan benci banget kalau disentuh oleh wanita. Tentu aja ini gak berlaku untuk Evelyn. Somehow, dia mau memegang bahkan meluk Evelyn. Kalau kata Latte, ini hanya bisa terjadi karena Evelyn adalah sang tokoh utama. Latte yang cuma pemeran figuran sih cuma bisa “menyentuh” Kenneth menggunakan pencapit makanan (tong kalau bahasa Inggris, bahasa Indonesianya gak tahu haha…)

Meskipun awalnya Kenneth benci Latte karena dipermalukan depan Evelyn, Kenneth jadi penasaran dengan sosok Latte setelah Latte berhasil lolos dari rencana iseng Kenneth untuk bikin Latte takut. Sikap Kenneth agak berubah sedikit setelah Latte mengerti kalau mereka harus jaga jarak karena dia benci disentuh perempuan. Menurutku kedepannya Kenneth bakalan jadi teman dekatnya Latte karena Kenneth sudah kelihatan lebih gak sekesel itu lagi sama Latte. Meskipun begitu, aku masih ragu sih apakah nanti Latte bisa jadi love interestnya Kenneth karena si duke yang satu ini terlihat masih terpesona sama Evelyn. Tapi itu cuma terjadi kalau mahwa ini bakalan menjurus ke romance ya, review dari orang yang sudah baca novelnya sih bilang di novelnya minim romance.

Irwin Hebrim (Arwin Hebrim dalam versi Bahasa Inggris)

Pria berwajah polos yang bisa menyiksa orang lain dengan senyuman. Irwin merupakan penyihir super kuat yang bisa menembus mantra anti teleportasi yang dibuat oleh penguasa menara sihir sebelumnya. Berbeda dengan kedua ikan lainnya, Irwin hanyalah seorang rakyat biasa. Ia bisa menduduki posisinya sekarang setelah bertarung dengan banyak penyihir lainnya untuk merebut posisi sebagai penguasa menara sihir. Meskipun Latte berani bersikap kurang sopan sama Pangeran Rondemio dan iseng sama Kenneth, Latte gak berani menentang Irwin karena iseng sama Irwin berarti cari mati. Istilahnya, Latte hanyalah seonggok kerikil yang biasa diinjek Irwin.

Diantara ketiganya, Arwin bisa dibilang sebagai “ikan” yang paling misterius. Soalnya di satu sisi dia kelihatan tertarik untuk mengamati Latte (maksudnya bukan tertarik dalam romance ya, semacam tertarik untuk mengamati hiburan lucu), tapi di sisi lain dia kelihatan masih tertarik sama Evelyn. Meskipun sampai sekarang masih belum ada arah ke genre romance, insting mahwaku bilang kalau diantara ketiga ikan, Irwin akan jadi love interest yang paling kuat disini. Atau seengaknya, itu yang aku harapin hahaha…. Menurutku Latte+Irwin itu lebih menarik dibandingkan Latte+ yang lain.

Rosellia De Halilon

Putri cantik yang ditakdirkan terkena kisah cinta sepihak yang tragis pada Kenneth. Rosellia benar-benar cantik sampai Latte sendiri mimisan lihat senyuman Rosellia (LOL). Rosellia dalam cerita aslinya akan menjadi teman Evelyn sambil diam-diam mengamati Kenneth, pria yang dia cintai, terpesona pada Evelyn. Sayangnya ia hanyalah seorang pemain pembantu juga dalam cerita Bunga Liar yang cintanya tidak akan pernah kesampaian karena Kenneth bucinnya Evelyn. Tapi ternyata kedatangan Kim Hye Jeong membawa sedikit perubahan dalam hidup Rosellia. Apakah itu? Jeng jeng jeng… baca komiknya kalau mau tahu haha…

Akhir kata review Terjebak Peran Figuran

Kalau KPopmates cukup familiar dengan mahwa Korea, pasti kamu sadar kalau saat ini tema isekai sedang marak terbit diterjemahkan di situs komik Indonesia maupun situs komik luar negeri. Sama seperti di mahwa isekai yang lain, Latte juga tinggal di masa lalu atau tempat yang mirip dengan dunia kerajaan Inggris dimana ada kerjaan dan mereka kemana-mana harus pake dress.

Yang cukup membedakan tokoh Latte dari heroine mahwa isekai lainnya adalah fakta bahwa Latte yang bukan tokoh utama adalah seorang fujoshi dan jadi kaya raya karena menjadi penulis bimor. Dan juga, cerita Terjebak Peran Figuran ini gak tentang romance. Ini tentang bagaimana Latte si penggemar novel saat masih hidup di Korea Selatan, ingin menonton adegan dalam novel kesayangannya dari dekat. Cerita mahwa ini lebih ke arah komedi dibandingkan romance. Dan jangan lupakan ekspresi Latte yang begitu wow setiap kali ada kejadian. Iya, mana ada pemeran utama semacam late. Betul gak KPopMates?

Kalau boleh jujur sih, aku kurang suka sama artnya mahwa ini. Ini semacam art manga Jepang jadul dan proporsi wajah karakternya benar-benar komik. (I mean, V shapenya pangeran itu benar-benar runcing! Kalau manusia asli beneran punya dagu kayak gitu, pasti bisa mecahin balon). Kalau mau bandingin mana proprosi wajah karakter yang mirip manusia asli, coba lihat The Secret of Angel. (Terkadang kuterkejut sama ketampanan Suho dan Seojun yang tampak nyata banget bagai oppa-oppa idol) Tapi karena ceritanya cukup menarik, aku memutuskan untuk terus baca. Apalagi saat mencium bau kalau sebenarnya Evelyn tidak sesempurna yang diduga selama ini. Hohoho… aku itu tipe yang suka sebel kalau tokoh utama tuh terlalu sempurna, jadi cerita ini cukup menarik.

Btw, untuk kalian yang anti BL, aku bisa jamin kalau mahwa Terjebak Peran Figuran ini gak bakalan bikin kamu geli. Disini Latte sebagai penulis bimor tuh gak benar-benar dibahas secara mendetail. Latte juga gak (atau belum) punya fantasi ngeship para ikan satu sama lain sih sejauh ini. So, mahwa ini aman kalau kamu bukan fujoshi, sama kayak aku.

Singkat kata, Terjebak Peran Figuran ini cocok untuk kamu yang suka tema isekai tapi pengen cerita yang punya bumbu humor yang bisa mengocok perut. Kalau kamu mencari bumbu romance disini, mungkin kamu akan sedikit kecewa karena love linenya tipis banget untuk Latte. But overall, Terjebak Peran Figuran ini mahwa yang cukup menarik untuk diikuti 😀

Baca webtoon lain yang sudah direview Nona KPop disini!

Ikuti kabar terbaru tentang dunia hiburan Korea Selatan di KpopMates.com
Yuk kasih tahu orang lain tentang ini!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *