Yuk Baca Webtoon “My Fair Footman” (마이 페어 풋맨)

My Fair footman

Halo KPopMates! Kali ini Nona KPop kembali lagi untuk membahas Webtoon yang baru terbit di Webcomic, My Fair Footman! My Fair Footman adalah webtoon yang diadaptasi dari novel berjudul sama 마이 페어 풋맨 (Roman: mai peeo pusmaen). Novelnya karangan Lee Jaa ini sudah terbit secara online di Kakaopage sejak tahun 2016 dan Comico.kr sejak tahun 2016 dan telah selesai dengan 105 episode. Novel ini diadaptasikan menjadi webtoon oleh ggory dan diterbitkan oleh Kakaopage.

Untungnya aja sekarang My Fair Footman sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Webcomic dan bisa kamu baca sampai episode 32 (per 6 Mei 2019). Saat ini rawnya sendiri baru episode 34 . Ini berarti versi terjemahan Bahasa Indonesia memang yang paling update dibandingkan dengan versi terjemahan yang lainnya (kalau ada, tapi setahuku versi terjemahan Bahasa Inggrisnya belum ada sih).

Anyway, karena aku gak baca novelnya dan cuma baca webtoonnya, kali ini kita akan kenalan sama tokoh-tokoh yang sudah dicover dalam cerita webtoonnya aja. Reviewku kali ini akan minim spoiler karena ceritanya memang belum selesai. Tapi tetap aja ya, read it at your own risk!

Yuk kenalan dengan karakter webtoon My Fair Footman!
Elijah

Elijah adalah seorang footman a.k.a. pelayan laki-laki yang biasanya memiliki tugas di luar rumah. Meskipun dia seorang footman, faktanya dia adalah seorang footwoman. Yep, Elijah adalah seorang perempuan. Setiap pagi Elijah selalu membebat dadanya dengan perban dan perperilaku sebagai seorang pria. Dia sudah menjalani identitas palsunya sebagai seorang laki-laki sejak masih kecil.

Asal usul mengapa Elijah bisa jadi laki-laki adalah permintaan dari Count, alias ayahnya Albert. Pada saat mamanya Elijah mengandung, mamanya Albert, Countess, juga mengandung anak keduanya. Sayangnya bayi laki-laki yang dilahirkan Countess meninggal dunia. Countess yang kehilangan akal menganggap bayi Elijah sebagai bayinya.

Karena Count menjajikan Elijah untuk hidup berkecukupan, mamanya Elijah setuju membiarkan anaknya “diasuh” sama Countess sebagai anak lelakinya. Meskipun begitu, mamanya Elijah selalu membesarkan Elijah sebagai seorang perempuan. Dia dan Count juga berjanji akan membiarkan Elijah hidup sebagia perempuan setelah dewasa di usia 18 tahun.

Saat ini Elijah berusaha keras untuk menjalani perannya sebagai seorang footman dan terus berpura-pura menjadi laki-laki. Ia ingin melayani Albert sepenuh hati layaknya footman lainnya yang melayani Albert dari mulai makanan, jadwal kerja bahkan masalah ganti baju (yang buat Albert selalu kesal sama Elijah). Meskipun dia sayang dan hormat kepada seluruh keluarga Albert, Elijah berjanji akan keluar dari rumah itu ketika berusia 18 tahun dan memulai hidupnya sebagai perempuan.

Albert Delven, Count Baran Bowie

Albert adalah tokoh utama pria yang asli pria dalam cerita ini. Albert adalah keponakan kesayangan Ratu dan menduduki nomor ketiga dari tahta. Albert adalah orang tampan yang susah bangun tidur, itu sebabnya dia sering diiseing Elijah supaya bangun pagi. Meskipun iseng, ada kalanya Albert overprotective sama Elijah. Kenapa ya?

Tumbuh besar bersama Elijah membuat Albert mengenal sifat Elijah dan suka membelanya saat Elijah kena masalah. Meskipun begitu, karakter Alber sebagai majikan sebenarnya cukup perhitungan karena dia berhasil membuat semua Elijah mengikuti permintaannya dengan berpura-pura seperti Elijah yang memohonnya untuk melakukan itu. Ada-ada aja emang sifanya si Albert ini.

Anyway, sebagai orang yang berkuasa, Albert merupakan orang yang pandai membaca lawan bicaranya. Dia juga pandai membaca keinginan tersebunyi Violet dan  yang memaksanya untuk menikah duluan supaya kedua sepupunya itu bisa bebas. Agak lucu sih sebenarnya bagian ini, padahal seharusnya Violet dan sebagai orang yang paling dekat dengan tahta adalah orang pertama yang menikah karena politik. Meskipun kelihatan gak perduli, sebenarnya Albert juga khawatir soal pernikahan. Sepertinya hati Albert sudah berlabuh kepada seseorang yang gak masuk ke dalam golongan bangsawan sehingga dia harus hati-hati masalah jodoh. Siapa ya?

Tentu aja si Elijah, a.k.a. tokoh utama perempuan. Oke, aku sih gak anggap ini spoiler ya, karena meskipun kamu baru baca episode 10+ dari My Fair Footman, pasti kamu masih ngeh sendiri kalau Albert itu sadar kalau Elijah itu perempuan. Serius, bagian ini jelas banget meskipun sampai episode 32 pun Albert gak pernah bilang sekalipun kalau dia tahu Elijah itu cewek. Dia terlaluuuuu perhatian sama Elijah. Elijahnya aja yang kelewat polos makanya gak ngeh sama perbedaan sifat Albert kalau sama dia dibandingkan sama pelayan pria yang lain. Orang aja sampai mikir kalau Elijah itu pria cantiknya Albert (you know what I mean, kan?) karena Albert begitu perhatian sama Elijah ckck… Yang perlu peka itu bukan cuma cowok, tapi juga Elijah.

Payne Rick Von Christian

Payne a.k.a. pangeran mahkota saat ini merupakan sepupu dari Albert. Dia merupakan kakak dari Violet. Sama seperti Violet, Payne juga males nikah dan pengen Albert yang nikah duluan. Sebenarnya Albert dan Payne itu cukup mirip dari segi wajahnya makanya mereka berdua paling mudah dibedain dengan tahi lalat di bawah bibirnya.

Anyway, keisengan Payne untuk mencari tahu soal pacar Albert ini membuat Payne tertarik untuk mengamati Elijah. Apalagi kedepannya Payne dan Elijah akan bertemu saat Elijah berdandan jadi perempuan, dia jadi makin penasaran sama Elijah. Apakah Payne akan jadi second lead male? Mari kita tunggu…

Violet

Violet merupakan putri ratu yang menduduki posisi kedua dari tahta. Violet adalah perempuan cantik yang tampaknya cerdik dalam menggerakan lawannya. Sejauh ini Violet masih belum memiliki banyak peran dalam cerita, tapi dia juga tertarik dengan Elijah saat sedang berdandan jadi perempuan. Dia juga punya mata tajam yang susah untuk buat orang lain tertipu hehehe….

Btw, sebenarnya aku setengah berharap kalau Violet bakalan jadi second lead femalenya karena aku suka sama gambar dia tapi karena mereka sepupu aku jadi agak gimanaaaaa gitu ngebayangin dia kalau beneran ngejar Albert -_- Semoga aja nggak ya…

Matthew, Penerus Duke Turbelis

Tunangan Violet, posisi nomor keempat dari tahta. Matthew and Violet dijodohkan. Sepertinya sifat mereka juga cukup bertolak belakang karena Matthew lebih suka aktivitas yang tenang dan ruang baca sementara Violet kelihatan cocok di pesta dansa. Violet bilang kalau dia ingin mencari cinta sejatinya dan yakin bisa putus dari Matthew kalau dia ngancem bunuh diri sama ibunya LOL. Sejauh ini karakter Matthew belum terlihat karena baru muncul. Apakah dia akan mencuri hati Violet atau diputusin karena Violet jatuh cinta sama cowok lain? Aku cukup penasaran sama hubungan mereka.

Ratu

Ibu Payne dan Violet, bibi dari Albert. Dia terlihat seperti ratu yang tenang dan ramah pada Elijah meskipun di bukan bangsawan. Menurut Violet dan Payne, Albert sangat disayangi oleh ratu jadi dia sangat menantikan pernikahan Albert. Dari penampilan pertamanya di episode 28 sepertinya pengarang dan webtoonist sedang ngasih hint kalau ada hubungan antara Ratu dengan masa lalu Elijah. Sepertinya ya, sepertinya. Webtoon ini masih baru banget soalnya :”

Benjamin

Tokoh baru yang tampaknya kurang disukai Mattew. Gak tau kenapa, aku rasa dia bakalan jadi antagonis. Soalnya sejauh ini belum ada tokoh yang antagonis banget makanya ceritanya adem ayem. Butuh sedikit bumbu nih My Fair Footmannya biar seru. Antagonis atau bukan, sepertinya Benjamin bakalan jadi tokoh penting dalam cerita ini. Mari tunggu kelanjutan ceritanya ya!

Akhir kata review My Fair Footman

Plot utama dari cerita ini sebenarnya bagaimana cara Elijah bertahan sebagai footman tanpa ketahuan sebagai perempuan sekaligus mencari tahu identitas keluarga aslinya. Sejauh yang kubaca, belum ada plot twist besar dalam cerita ini dan semua masalah yang ada dalam cerita cepat selesai tanpa banyak hambatan. Mau deg-degan pas adegan romantis juga mikir dulu karena mereka sekarang sama-sama “cowok” dan Elijah juga super denial sama perasaannya sama Albert :”D Jadi aku juga masih nanggung buat bener-bener jatuh hati sama ceritanya. Aku paling suka pas mereka berdua pergi ke pesta dansa karena disitu mereka kelihatan serasi hohoho….

Aku gak pernah benar-benar suka sama cerita yang fokus sama percintaan tanpa sub-plot yang menarik, jadi My Fair Footman bukan pilihan utamaku kalau mau ngabisin cash di Webcomic (sorry). Tapi yang bikin aku tertarik untuk ngebahas cerita ini adalah karena plot cewek pura-pura jadi cowok itu udah lama gak dibahas dalam dunia webtoon yang diterbitin di Indonesia. Di tengah gempuran cerita dunia isekai, tema gender bender itu jadi beda. Meskipun pasti ada aja yang gak suka sama cerita cewek nyamar jadi cowok, faktanya tema ini masih akan terus dinikmati sama banyak orang, betul gak?

Untuk masalah art, pas baca episode awal menurutku artnya bagus tapi gak sebagus itu juga. Semua tokohnya masih kelihatan seperti 2 dimensi ala manga. Webtoon jaman sekarang sudah terlihat lebih natural dan seperti 3 dimensi jadi sejujurnya artnya My Fair Footman kurang menarik untukku. Yang paling menarik dari gambar webtoon ini adalah detail yang webtoonist kasih ke mata Elijah. Mata Elijah itu hijau kekuningan dan terlihat kayak bersinar gitu jadi kelihatan cantik.

Btw, sejak episode 20 keatas artnya agak sedikit berubah terutama cara webtoonisnya gambar mata, bulu mata dan bagian bibirnya. Aku lebih suka artnya yang sekarang daripada yang kemaren hehe… Dan bunga. Webtoonistnya berbakat gambar bunga jadi kamu pasti suka sama efek gambarnya.

Singkat kata cerita My Fair Footman itu sederhana dan pure romace. Kalau kamu suka sama cerita yang gak perlu banyak mikir saat dibaca dan gak terlalu banyak letupan disana sini, kamu mungkin cocok dengan webtoon yang satu ini.

Baca webtoon lain yang sudah direview Nona KPop disini!

Ikuti kabar terbaru tentang dunia hiburan Korea Selatan di KpopMates.com
Yuk kasih tahu orang lain tentang ini!

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. Yoru berkata:

    Hmm….. gk ada yg mbahas ttg kaisar dn ksatria (luxor dn polly) ya……..

    Padahal ceritany cukup unik, yah walo tanda2 romansny jauh banget di ujung cerita…….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *