Yuk Baca Webtoon Kaisar dan Kesatria Wanita (황제와-여기사)

Webtoon Kaisar dan Kesatria Wanita

Hola hola KPop Mates! Udah lama gak review Webtoon nih! Ternyata setelah hampir setahun menghilang di jagad per-webtoonan, udah banyak banget webtoon baru yang muncul. Nah, jadi beberapa waktu yang lalu, ada seorang KPop Mates yang merekomendasikan webtoon Kaisar dan Kesatria Wanita sama aku. Ini webtoon lama sih, tapi aku baru tertarik untuk baca sekitar Februari kemarin.

Tbh, pas pertama kali liat gambarnya sih aku gak tertarik, makanya waktu itu aku gak baca meskipun ada event launching Maret 2019 kemarin. Namun, setelah ada rekomendasi dari salah satu pembaca dan event di kakaopage Indo, aku iseng baca. Hasilnya? Aku langsung beli 40+ tiket untuk baca semua ceritanya dalam waktu kurang dari 24 jam! Hahaha …. Really guys, dont jugde a webtoon by its cover. Ceritanya seru banget!

Sinopsis:
Cukda dan Ehas merupakan negara bagian utara yang selalu berperang. Setiap bangsawan di Ehas harus mengirim satu anak laki-lakinya untuk berperang, tapi salah satu keluarga bangsawan mengirim anak perempuannya ke medan perang. Bagaimana nasib anak perempuan tersebut? Mampukah dia selamat dari medan perang?
Sumber: kakaopage.id

Novelis: G. M. (안경 원숭이)
Ilustrator: Team IYAK (winter – heyum)
Genre: Romansa, Fantasi
Rating: SU (semua umur)
Baca: Kakaopage (webtoon), Kakaopage (novel)

Webtoon terjemahan bahasa Indonesia dapat dibaca di sini

Trailer webtoon Kaisar dan Kestaria Wanita versi bahasa Inggris:

Welp, gue kaget pas ketemu trailer ini yang resmi dari DNC Media Webtoon. But the most fearsome weapon is the beauty of the Emperor (???) Wkwkwk, iya sih Luxor adalah karakter yang paling cantik disini, tapi gak gitu juga yaaaaa …. Kesannya si Luxor pake kecantikannya untuk menggoda berbagai wanita dan menaklukan dunia pakai wajahnya loh kalau gitu kalimatnya. Kelihatan sih yang dijual disini itu romansanya, tapi aku cukup menyayangkan trailernya gak mencangkup tema humornya yang sebenarnya lebih besar porsinya daripada tema romansanya. Dan sebenarnya trailer ini akan lebih cocok jadi cerita di season 2 daripada season 1.

Review webtoon Kaisar dan Kesatria Wanita

Webtoon Kaisar dan Kesatria Wanita yang berjudul asli 황제와-여기사 (hwangjewa-yeogisa) ini bercerita tentang perjuangan Pollyanna Kellenbell, seorang putri bangsawan dari Ehas, yang dibuang oleh ayahnya untuk mengikuti perang. Pollyana dibuang karena ayahnya ingin menjadikan adikknya, Lyanna, sebagai pewaris daerah kekuasaan Kellenbell. Sejak berusia 14 tahun, Pollyanna masuk ke bergabung dalam pasukan perang Ehas untuk melawan Cukda. Di usia 20 tahun, ia menyadari kalau ada pergerakan aneh dari negara tetangga, Acrea, yang sepertinya akan memanfaat perang untuk menaklukan Ehas dan Cukda. Karena dia perempuan, strategi perangnya diabaikan. Ketika Acrea menyerang Ehas dan Cukda, Pollyanna ditangkap oleh tentara Acrea dan dijatuhi hukuman mati. Namun, Luxor, kaisar muda dari Acrea, melihat kemampuan strategi Pollyanna dan akhirnya menjadikannya sebagai kesatria. Dia juga menganugerahi nama baru untuk Pollyanna yang telah dibuang keluarganya, yaitu Pollyanna Winter.

Webtoon Kaisar dan Kesatria Wanita
Cover novel Kaisar dan Kesatria Wanita. Kalau di novel rambut Nona Poll berwarna cokelat. Dari beberapa ilustrasi yang kulihat, sebenarnya Nona Poll cantik loh dengan rambut pendeknya 😀 Kusuka kabe-donnya hohoho. Btw, Luxor di sini kelihatan licik dan seperti playboy hahaha
(sumber: blog.naver.com)

Novelnya dimulai tahun 2016 dan selesai di bab 135 tahun 2016. Webtoonnya sendiri baru mulai terbit pada Januari 2019 dan saat ini sudah mencapai episode 66. Di Kakaopage Indo sendiri sekarang terjemahannya sudah sampai chapter 60 per tanggal 6 April 2020 saat aku nulis artikel ini. Untuk terjemahan bahasa Inggrisnya sendiri belum ada yang resmi. As always ya, Indonesia selalu lebih cepat dibandingkan yang lain haha ….

Nah, webtoon Kaisar dan Kesatria Wanita ini telah menyelesaikan season 1nya di episode 43 dengan mengulang kembali kejadian yang ada di prolog. Pada saat itu sang kaisar dan kesatria wanitanya sudah berhasil memenangkan perang penaklukan benua yang mereka perjuangkan dari episode 1. Kerajaan Acrea berhasil menaklukan semua kerajaan dari ujung selatan ke ujung utara sehingga berubah menjadi kekaisaran Acrea. Di sini dengan jelas terlihat bahwa Luxor akhirnya menyadari kalau dia memang suka pada Nona Poll.

Sementara itu episode 44 dan seterusnya lebih banyak membahas keadaan setelah mereka memedangkan perang. Sekarang Luxor I dan Pollyana kembali ke Acrea untuk merayakan kemenangan. Luxor akan kemali duduk di tahta menggantikan adiknya yang menjadi pemimpin sementara sementara Pollyana tetap menjadi kestaria yang paling dipercaya kaisar. Di season 2 ini akan mulai ada cerita romansa setelah Luxor menyadari perasaannya dan intrik politik karena kini Luxor harus berhadapan dengan bangsawan ibu kota yang sebenarnya menginginkan dia mati.

Tbh, aku cukup kaget karena di ratingnya Kaisar dan Kesatria Wanita ini ratingnya masuk SU meskipun ada tema perang (Putri terbuang dan dikirimkan untuk mati, pembunuhan dan usaha pemerkosaan, bahkan ada Nona Poll ngajarin bunuh diri cuy) dan adegan buka-bukaan (dikit sih, but well, gue agak terbelalak sih sama episode 38 *sixpacknya itu looh wkwk*). Yah, ini cuma sedikit kekhawatiran aja sih karena menurutku cerita ini gak pantas dibaca sama anak SD. Genre Fantasinya juga sebenarnya kurang sreg sih, karena disini gak ada hal-hal magis ataupun sentuhan isekai yang menurutku bisa buat webtoon ini masuk ke dalam genre ini. Mungkin seharusnya ini masuk genre romansa, aksi, dan humor dengan rating remaja? Soalnya ini lebih ke kocak dan punya sisi gelap juga sih ceritanya.

Anyway, back to the main topic, apa yang membuat webtoon ini menarik banget untuk dibaca?

Pertama, kocak. Asli. Ini bukan webtoon biasanya hahaha …. Nona Poll ini adalah cewek santuy yang punya sejuta cara untuk membalas dendam dengan cara unik. Dia juga bukan orang yang peka, jadi ada berbagai kesalahpahaman lucu yang akan terjadi di sepanjang cerita. Luxor sendiri agak gesrek sih, apalagi kalau dia udah sama Sir Aino. Adegan dia yang ngaca sebelum ketemu Nona Poll di pemandian masih bikin aku ketawa sampai sekarang kalau keinget. Ngakak 😀

Kedua, webtoon ini mengangkat tema unik tentang kesatria wanita. Cerita dibilang cerita ini bisa agak sedikit feminis karena mengangkat tema tentang perjuangan seorang wanita yang melawan budaya misoginis tempat di lahir. Namun, aku agak sayang aja sih kalau memang itu niat si penulis–mengangkat tema feminis–karena satu-satunya cewek di sini adalah Nona Poll. Di season 2 muncul si kembar Vaksi dan Vanisya dan Tori Seije tapi kelihatannya mereka beda tipe sama Nona Poll.

Ketiga, ada perkembangan karakter dan plot yang beneran jalan. Ternyata dari episode 1 sampai episode 43 itu sudah ada 10 tahun guys. Posisi Nona Poll dari prajurit biasa sampai jadi kesatria kaisar juga menempuh jalan yang panjang dan masuk akal, gak ujug-ujug, jadi lebih mudah bersimpati dengan perjuangan Nona Poll sepanjang cerita.. Aku melihat cerita ini sangat realistis dan mudah untuk dinikmati.

Meskipun temanya perang, ada kisah romansa yang lucu dan manis juga. Romansanya tipis terus gak berlebihan dan maksa. Gak tiba-tiba aja semuanya jatuh cinta. Kita bisa lihat kenapa Luxor dan si second lead male (kayaknya sih) Donau, bisa jatuh cinta Nona Poll. Karena selingan romansa dan humor inilah yang membuat cerita ini jadi menarik dan menonjol dibandingkan tema kesatria sejenis yang aku baca.

Intinya sih di sini yang bucin duluan si Luxornya. Si Nona Kesatria hanya memiliki royalitas tampa batas kepada sang Kaisar. Memang dari awal perlakuan orang kepada Nona Poll ini sama sekali gak baik karena stigma buruk tentang wanita dalam perang di Ehas. Jadi ketika Luxor mengakui kemampuannya, Nona Poll jadi merasa sangat dihargai dan bangga dengan statusnya sebagai seorang kesatria.

Ngomong-ngomong, aku cukup suka dengan gambarnya. Proporsi badan para tokoh cenderung proposional dan semua tokoh mudah di bedakan (kecuali si Nona Poll sama Ventie Sieje. Asli mereka berdua harus diliat dua kali untuk mastiin siapa yang siapa kalau satu panel). Meskipun pakaiannya cenderung lebih sederhana dan gak bling bling dibandingkan dengan tema kerajaan lainnya, gambar bajunya kelihatan bagus dan gak kaku. Gambar hewan dan pemandangannya juga oke, kualitas tiap episode cenderung sama.

Nilai plus juga untuk pengarang dan ilustrator yang membuat karakter Nona Poll yang gak tiba-tiba jadi *cling* cakep begitu pake dress dan punya rambut panjang. Aku cukup benci sih sama cerita dimana si cewek entah untuk alasan apa gak dandan dan gak pake dress langsung tiba-tiba jadi cantik dan menarik perhatian karena dandan dan pakai baju bagus. Yep, cewek cantik itu memang menarik untuk dilihat, tapi apakah semua cewek harus jadi feminim baru bisa dicintai orang lain? Kan gak juga. Itu sebabnya aku suka sama cerita ini. Karena Luxor dan Donau suka sama Nona Poll karena kepribadiannya dan gaya kesatrianya. Meskipun aku cukup suka sama Donau, aku milih naik kapal Luxor untuk sampai ke garis akhir. (ya iyalah, judulnya aja udah KAISAR dan Kesatria Wanita. Mana mungin Luxor kalah haha)

Prediksi cerita webtoon Kaisar dan Kesatria Wanita season 2:

Karena season 2 mengabarkan keadaan setelah perang, ceritanya kini mulai banyak memperkenalkan tokoh baru, yaitu bangsawasan ibu kota seperti Marquiss Seije dan keluarga kerajaan, yaitu Duke Luzo. Sepertinya nanti Marquis Seijee dan cucunya Tori Seije akan menjadi tokoh antagonis di cerita ini. Kita lihat aja ya gimana kedepannya. Untuk cerita romansa sendiri pasti bakalan banyak karena sekarang Luxornya sudah mulai membucin.

Mungkin kamu kesini karena kamu mau cari spoiler. Sayangnya, kali ini aku cuma baca webtoonnya. Tbh, aku belum baca novelnya dan cuma dengar selentingan sop iler yang beredar, kelihatannya cerita ini masih panjaang banget karena …

BEWARE OF SPOILER! (Kalau gak mau baca, lewati bagian yang di highlight hijau)

… disini bahkan si Luxor belum nikah dan sayangnyaaaaaa Nona Poll bukanlah istri pertamanya. Yep, your read that right. Luxor akan menikah dengan 3 wanita lainnya untuk mengukuhkan posisinya di Kekaisaran dan memendam perasaannya untuk Nona Poll.

Kecewa? Gak juga, karena ini merupakan sesuatu yang cukup wajar dengan tema kekaisaran. Gak mungkin pake banget Luxor bisa nikah sama Nona Poll, seorang bangsawasan biasa di daerah jajahan, jadi ini adalah sesuatu yang sudah aku duga. Kalau kamu baca bagian di episode 45 saat Luxor mengakui kalau dia suka sama Nona Poll, Sir Aino nyaranin Luxor mengambil Nona Poll sebagai SELIR (tuh capslock biar kebaca). Gak mungkin banget Nona Poll bisa jadi Permaisuri disini. Awalnya juga kan Luxor bilang kalau Nona Poll gak pantas jadi Selir doang dan mau ngelepas Nona Poll karena dia terlalu berharga. Well, nanti ada kejadian yang akhirnya bikin Luxor akhirnya gak tahan lagi memendam perasannya sih. Kita tunggu aja.

Dan juga, kalau kamu perhatiin, Nona Poll bukan orang yang mau terhanyut sama cinta dan akan susah melepas statusnya sebagai kesatria dan nama Winter yang dia dapatkan setelah diakui, sesuatu yang udah dia perjuangkan sepanjang hidupnya, cuma untuk cinta. Lagipula Nona Poll sendiri saat in masih menganggap Luxor sebatas orang yang dia berikan janji kesatrianya sih, jadi adegan romansanya pasti masih jauh di depan.

Namun, kamu gak perlu bersedih karena pada akhirnya ini happy ending. Pada akhirnya mereka bakalan bersama, Nona Poll jadi satu-satunya istri Luxor, dan mereka punya anak. Hanya aja, itu tuh, perjalan kisah mereka berdua di season 2 pasti lebih berat karena sekarang udah masuk tema politik sementara orang jujur semacam Nona Poll bakalan susah mainan politik. Jadi pasti akan ada banyak usaha dari Luxor untuk buat Nona POll jatuh cnta sama dia dan manuver politik yang harus dia ambil memantapkan posisi Nona Poll untuk jadi permaisurinya setelah mereka berdua saling jatuh cinta.

END OF SPOILER

Aku berharap di season 2 nanti kisah romansanya bakalan mengalir dengan lancar dan gak ujug-ujug aja Nona Poll jatuh cinta mendalam sama Kaisarnya. Perjuangan si Kaisar untuk membuat kesatria idamannya ngelihat ke dia sebagai seorang pria pastinya kocak dan patut buat ditunggu hehe …. Mungkin nanti bakalan ada banyak kesalahpahaman masalah kisah cinta antara Luxor dan Nona Poll, tapi semoga aja ceritanya gak muter-muter. Aku cukup suka sih dengan tema politik jadi aku menunggu kisah pertarungan antara bangsawan dan Luxor di season 2.

Nah itu dia review webtoon Kaisar dan Kestaria Wanitanya. Gimana teman-teman KPop Mates tertarik gak dengan webtoon ini? Atau malah sudah baca? Gimana pendapat kamu tentang ceritanya?

Kalau kamu suka dengan karakter cewek yang badass dan kisah romansa tipis-tipis dengan cerita humor yang kental, kamu akan cocok baca webtoon Kaisar dan Kesatria Wanita.

Baca webtoon lain yang sudah direview Nona KPop disini!

Ikuti kabar terbaru tentang dunia hiburan Korea Selatan di KpopMates.com

Yuk kasih tahu orang lain tentang ini!
0
20
fb-share-icon20

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *